insomnia!

Tuesday, August 09, 2005

Malangnya Nasib Bangsaku Euy!

SEBENERNYA ini kali kedua si gue kerja di Brunei. Yang pertama dulu taun 2003. Tapi waktu yang pertama itu si gue ga terlalu banyak dapet impresi yang jelas tentang keadaan sodara-sodara kita di sini. Di kesempatan yang kedua ini baru si gue bisa dengan cukup jelas nangkep kenyataan yang sebenernya bisa dibilang bikin hati sedih konco. Awalnya sih dari omongan sehari-hari, terus pengalaman pribadi waktu lagi nge-Net... ternyata orang Indonesia (iya, kita!) punya stereotype yang payah disini!

Es yu probebli nouw olredi, banyak banget sodara-sodara kita yang (mirip dengan si gue) merantau jauh ke negeri orang, ya di antaranya ke Brunei ini. Jangan salah man, kita harus bangga! Gimanapun juga itu salah satu bukti bahwa sumberdaya manusia kita dibutuhin sama masyarakat di negara-negara lain... Kita harus bangga, bahwa si Tukiyem (nama samaran) yang aseli Wonosobo, atau si Ningsih (bukan nama sebenarnya) yang aseli Garut, atau juga si Hotman (nama tiruan) yang Batak tulen, ternyata udah melanglangbuana ke berbagai negara bro!

TAPI satu hal yang sangat amat patut disayangken (huek... jadi inget jamannya orba euy, tata bahasa yang rancuh begetoh) kebanyakan (baca: mungkin hampir semua) daripada tenaga kerja tersebut diatas (hueekksss... virus orba euy!) ternyata nggak dibekali dengan keterampilan yang cukup. Ini gawat teman! Si gue cukup yaqqin bahwa faktor itulah yang jadi salah satu penyebab utama dari tertindasnya tenaga kerja kita (hampir) diseluruh dunia. sering banget kan kita baca, denger (ato ngalamin sendiri?) fakta-fakta yang ngebongkar betapa kwaciannya nasib tenaga kerja kita di luar negeri (geus puguh ari di dalam negeri mah parejet).

Fren, ternyata kondisi itu masih diperparah lagi dengan minimnya pengetahuan tentang bahasa dan kebudayaan negara tempat mereka kerja. Kacau nggak tuh? Udah mah kurang pendidikan, kurang keterampilan, eh, masih ditambah nggak bisa ngomong bahasa setempat. Jadinya ya pada pake bahasa Tarzan, aauuuoooo.... getoh. Padahal katanya (maksudnya menurut pemerentah) mereka itu sudah dengan keterampilan yang cukup untuk dapat bertahan di tempatnya bekerja. Nah, di sini neh pangkal permasalahannya... soalnya nggak jelas yang jadi batasan keterampilan yang cukup untuk bertahan itu sebenernya kayak apa... Udah gitu, pihak perwakilan negara kita (baca: kedutaan besar) juga pada ogah ngurusin masalah-masalah TKI kaya begetoh...

Sampe sini, si gue yakin beberapa di antara pembaca yang budiman ada yang melengos dan menjeblehkan bibir ke si gue. Pasti pikirnya: tau apa dia tentang penderitaan TKI? Wong dia kan bukan kerja jadi PRT. Eiiitt....! Bentar woy! Semua itu ada pengaruhnya tau! Karrrrna apa? (jadi inget Om Harmoko ya?) Karena, ya itu tadi, seperti yang si gue tulis di atas... bahwa di tiap-tiap negara itu udah ada stereoset eh.. stereotype tentang bangsa kita yang berlaku umum dan jadi common sense untuk orang-orang setempat, n biliev mi, ampir ngga ada bagus-bagusnya coy!

Contohnya, di sini (Brunei) juga ada sesuatu yang bikin orang-orang rada-rada ogah berurusan dengan bangsa kita. Kemaren si Gue akhirnya nggak ku-ku, sekalian aja sama si Gue ditanyain ke bbrp orang lokal, kira-kira si gue nanyanya gini neh:

Wot is it with u people anyway? Do you actually think Indonesians are all that bad?

Ternyata pemirsa, jawabannya mengezutkan lah... Mau tau? Ada yang bilang....

You people not good la... Always try to make advantage on us (Mr. X bin Y bin Z)
You people ni macam suka rebut suami orang la (Ms. A bte B)
You guys are lazy, u know? (Mr. D)

Udah, udah.... segitu aja dulu... OMG PDA (oh may gad plis dong ah! -red)
Reaksi lo sekarang mirip banget sama reaksi si gue waktu itu... langsung protes! Ya ndak bisa disekompet-daunin (sunda: arti=disamaratain) begetoh lah Tuan, Nyonya, Oom dan Tante. Kan nggak SEMUA orang Indonesia (kata mereka sih: Indon) ituh begetoh (gue ngga ngerasa lagi...). Tapi itulah sodara-sodara, ternyata sikap mereka itu memang sebab-akibat, dari pengalaman-pengalaman buruk yang pernah mereka dapet & parahnya they share that experience to others, & we did NOT do anythng about that. So jadinya ya getoh, citra bangsa kita telanjur payah... Kacau pemirsa.

Semoga someday pemerentah kita mau lebih merhatiin nasib warganya nun jauh disana, nun jauh disini, nun jauh dimana-mana.


1 Kumentar Saderek:

  • Dari dulu nasib bangsa kita memang jelek ya?... Di Brunei sendiri perilaku para TKI/TKW banyak yg bermasalah. Selain masalah dengan majikan yg tdk bertanggungjawab seperti tdk bayar gaji, penderaan dst... Kayaknya akan begini terus?..

    By Blogger TKI di Brunei, at 06 March, 2009 00:44  

Post a Comment

<< ka Payun deui