insomnia!

Wednesday, August 10, 2005

(Gini-gini) si Gue bayar Pajak tau!

NGGAK TAU DEH udah berapa lama si gue sobatan ama nyang namanya rokok... lupa euy... tapi kalo nggak salah mah kayanya sejak SMP! Buset dah, berarti udah ampir 20 taun paru-paru si gue dijejelin ama udara 2-tak (maksudnya oksigen campur beribu-ribu senyawa yang ada di dalem asep roko'). Lama juga geningan ya. Si gue juga udah nggak inget lagi, kira-kira kenapa ya dulu si gue mulai ngeroko' at the first place. Eniwey, kalo diliat dari sisi kesehatan & kegunaan mah emang ngeroko' itu lebih banyak ngerugiinnya kali ya. Tapi (standar neh, pembelaan diri dari kaum tertindas!) kalo diliat dari sisi lainnya ngeroko' ternyata juga bikin si gue berjasa buat negara. Lha, koq? Ya iya duong! You itung aja sama lu olang (kalo masih nggak percaya lu tanya deh toko sebelah) kalo --katakanlah-- rata-rata si gue ngeroko' 2 bungkus aja sehari (tras mi euy, jumlah ini udah di mark-down!) berarti 20 taun gue ngeroko sebanyak 365 x 20 x 2 = 14.600 bungkus! Sok sekarang kita ngitung geura ya, kalo rata-rata dari setiap bungkus si gue ngisep 10 batang aja (sisanya diminta temen, dibagiin ke satpam di kantor, ato dimakan kucing tetangga) berarti selama ini si gue ngisep paling sedikit 146.000 batang roko'! Anjrit! Koq banyak geuningan :-S...

Itung lagi ya... dulu mah harga roko' itu cuma 2000 sebungkus, sekarang 8000... gampangnya mah rata-ratain aja atuh harga sebungkusnya teh 4000 (ini mah biar gampang aja, da kalo diitung bener mah si gue harus minta bantuan perusahaan surveyor) berarti total duit yang selama 20 taun ini gue 'bakar' sama dengan 584 juta perak! Buset! Bisa buat beli rumah geuningan ya?? (diem-diem si gue nyesel tau!) Eh, kembali lagi ke pokok permasyalahan... okeh, kita tau duong bahwa setiap bungkus roko' ada cukai (baca: pajak) yang kita bayar (secara nggak langsung kali ya... mudah-mudahan we emang disetorin ama perusahaan roko'nya, bukan malah di cengli-in), bilanglah 40%... Berarti selama karir ngeroko' si gue bayar pajak sebesar 233,6 juta perak (btw, cara ngitungnya bener ga ya? ah, hu kers lah). Tuh kan... Kira-kira 10 jutaan lebih setaunnya si gue bayar pajak (walopun sebenernya nggak nyadar). Nah, sekarang lu olang itung lagi deh, di Indonesia ada berapa banyak peroko' kayak si gue... ah, jadi males ngitungnya juga, da pasti banyak banget.

Karena itu, melalui mBlog ini, mewakili para peroko' (baca: pembayar pajak) se Indonesia si gue mau nyampeyin ke pemerentah, ke para demang mester yang mulia, cubalah kiranya dapat diberiken kepada kami-kami ini daripada sarana buat nyalurin
niat kami untuk terus membayar pajak (baca: ngeroko' hehe) sedemikian rupa sehingga kami tidak lagi dipersalahken sebagai penyebab daripada ketidaknyamanan pagi warganegara lainnya yang bukan pembayar pajak (baca: peroko') seperti kami-kami ini. Getoh woy. At least, tolong atuh dibikinin buat kami tempat / ruang "pelayanan pajak" di mal-mal, perkantoran-perkantoran dan sarana umum lainnya. Da kami juga sebenernya bukannya nggak bisa baca tulisan (yang biasanya GEDE-GEDE itu) "Dilarang Merokok" dsb, cuma da gimana atuh, kadang-kadang keinginan untuk "membayar pajak" itu begitu besar --lebih-lebih setelah makan besar (dan juga saat buang air besar). Jangan cuma karena kami ini kaum minoritas lalu bisa ditindas dengan semena-mena begetoh! Tempat/ruang "pelayanan pajak" itu nggak harus gede & mewah koq... kami mah udah cukup puas dikasih tempat di pojokan juga (maksudnya di pojokan mal yang strategis buat cuci mata), ga usah pake kursi kulit segala koq, cukup pake AC, exhaust system yang bagus, sound system yang bagus, tata cahaya yang bagus, makanan & minuman yang enak (kalo bisa mah tetep murah), dan suasana yang nggak berisik. Itu aja koq, nggak berlebihan kan?

Hawepper, wi pey de tex epter ol....


0 Kumentar Saderek:

Post a Comment

<< ka Payun deui