insomnia!

Friday, August 12, 2005

Pusing Dunia

SODARA-SODARA tentu pernah (setidaknya sekali lah) ngalamin yang namanya "Pusing Dunia". Ato malah belom pernah denger? Okeh, biar kita semua mulai dari landasan berpikir nyang sama, mendingan si Gue jelasin dulu deh definisi "pusing dunia" itu. Pusing Dunia secara harfiah bisa diartiin sebagai berikut:

PUSING seringkali diasosiasikan sebagai perasaan "gamang" atau "melayang" yang erat kaitannya dengan rasa kesetimbangan. Juga kerapkali diartikan sebagai rasa sakit atau perasaan tidak normal yang terasa di bagian kepala. Selain dihubungkan dengan masalah-masalah anomali fisik, pusing juga kerapkali dikaitkan dengan masalah psikis atau kejiwaan. Adakalanya pusing dianggap sebagai gejala terjadinya ganguan psikis seperti stress. Pusing (baik sebagai gejala fisik maupun psikis) juga dapat mengakibatkan gangguan lainnya misalnya rasa mual, muntah bahkan kehilangan kesadaran.

DUNIA dapat diartikan sebagai alam semesta khususnya bumi tempat kita hidup. Kata dunia dalam konteks tertentu dapat diartikan sebagai "sesuatu yang menyangkut segalanya". Secara lebih khusus, kata dunia dianggap mewakili segala sesuatu yang bersifat duniawi (keduniaan).

Dari pengertian diatas, si Gue menyimpulkannya buat sodara-sodara deh: Pusing Dunia dalam konteks mBlog ini adalah suatu keadaan yang menyebabkan diri kita merasakan suatu kepusing (baca: rasa tak menentu) yang disebabkan oleh hal-hal yang bersifat duniawi. Konteksnya sih bisa aja karena masalah keuangan, percintaan atau kebutuhan-kebutuhan lainnya, termasuk kebutuhan biologis.

Nah sodara-sodara, dalam kaitan ini si Gue khusus mau membahas masalah yang disebut terakhir: yaitu Pusing Dunia yang disebabkan oleh tidak terpenuhinya dengan cukup mantap kebutuhan biologis kita. Sebagaimana nyang sodara sodara pasti sudah tau, kebutuhan nyang satu ini memang merupakan salah satu kebutuhan yang masuk kategori ajaib, artinya keukeuh kudu dipenuhin. Setelah dipenuhin, eh, gak lama kemudian kabutuh yang satu ini muncul lagi, n lagi, n lagi, n lagi....

Si Gue nggak begitu jelas juga (soalnya bukan anak psikologi sih) dimana letaknya kebutuhan ajaib ini dalam "piramida kebutuhan manusia". Disebut kebutuhan dasar bisa, tapi koq kayaknya buat sebagian orang lainnya malah bisa digolongin kebutuhan tertier (karena untuk memperolehnya dibutuhin usaha yang gila-gilaan). Tapi ntar dulu, ada juga lho yang nganggap kebutuhan ini sebagai sarana pembuktian eksistensi diri (self esteem). Walah, berarti si kebutuhan ajaib ini naek lagi duong peringkatnya ke kelompok puncak di piramida kebutuhan manusia.

Sodara-sodara, si Gue sendiri juga nggak gitu faham kenapa ujug-ujug ngeBlog tentang masalah ini. Kalo sebagian dari sodara lalu menuduh si Gue juga lagi Pusing Dunia, berbahagialah sodara, tebakan sodara jitu benerr. Si Gue emang lagi Pusing Dunia neh... Kkyyaaaaaa.... pusssiiiinngg bboo..!

1 Kumentar Saderek:

Post a Comment

<< ka Payun deui