insomnia!

Saturday, November 19, 2005

Addicted to Stress

Stress, satu kata ajaib yang bisa bikin dunia jadi terbalik. Lo pada pasti sering dong baca berita di koran-koran tentang seseorang yang nekad bunuh diri karena "stress". Masih inget kasus Haryanto? Anak ingusan yang nekad gantung diri karena gak kuat nahan beban malu (baca: stress) karena belum bayar uang buku? Masih inget judul headline di koran-koran yang nulis bahwa jumlah penderita stress di negara kita bertambah berlipat2 gara2 harga BBM naek? Aneh emang, tapi itu faktanya. Stress, ato bisa juga diartiin sebagai "tekanan" emang bisa dateng dalem wujud yang beraneka rupa fren! Selain itu, sifat stress itu sendiri relatif banget. Artinya pengertian masing2 individu tentang stress itu sendiri beda-beda banget, tergantung daya tahan si individu tadi ngadepin segala faktor yang bisa dikategoriin sebagey stress. Coba simak deh kutipan fiksional (tapi sering kejadian) ini:



"Buat saya, stress itu berarti beban kerja bertambah, sementara waktu kerja nggak bertambah" (Subagyo, 42, karyawan swasta)
"Stress itu kalo kena macet di jalan, padahal mesti ngejar meeting ama klien" (Marina, 26, sales executive)
"Saya sih paling ngerasa stress kalo ada audit di kantor. Rasanya deg-degan gitu" (Ahmad, 36, pegawai negeri)
"Saya stress berat tiap kali pulang ke rumah ngeliat tampang istri yang udah pasang muka perang" (Jack, 27, pengusaha muda)
"Aduh, stress nih. Tadi malem ketiduran, nggak sempat ngapalin. Mana dosennya killer lagi" (Susan, 21, mahasiswi)
"Ngejar setoran tiap hari, itu yang selalu bikin saya stress" (Ucok, 31, sopir angkot)
"Setres? Baru denger tuh Oom. Kira-kira laku berapa ya sekilonya?" (Ucup, pemulung)



Dari contoh-contoh diatas aja, kita bisa tarik satu benang merah: faktor-faktor pembentuk stress itu macem-macem, tapi umumnya sesuatu yang dekat dengan kegiatan kita sehari-hari. Disamping itu kualitas dari faktor pembentuk stress itu juga bisa bermacam2. Sebagai seorang pegawai negeri, Ahmad mungkin ngerasa ketar-ketir tiap kali ada tim audit nyelongkrong ke tempat kerjanya. Sementara Udin, rekan sekerja Ahmad mungkin ngerasa bisa-biasa aja. Dari sini mungkin kita bisa ngambil satu lagi kesimpulan: bahwa tingkat penerimaan seorang individu terhadap stress seenggaknya ditentuin oleh faktor eksternal (umumnya sesuatu yang ditakutin) dan faktor internal (daya tahan mental si individu tadi ngadepin faktor2 pembentuk stress) . Untuk tiap2 faktor pembentuk stress (eksternal) yang sama, masing2 individu punya daya tahan yang berbeda-beda.

So, apa kita bisa kemudian ngambil kesimpulan, bahwa stress sama dengan sesuatu yang destruktif? Sesuatu yang bersifat ngerusak? Sesuatu yang ngerugiin? Bisa jadi. Tapi fren, pernah kepikiran ngga? Somehow, stress itu bisa jadi asset. In my opinion fren, stress itu punya sifat pendorong, motivator. Coba deh eluh inget-inget lagi, berapa kali eluh mbela-belain begadang ngerjain tugas ato presentasi penting yang bikin eluh ngerasa setres berat. Pernah merhatiin nggak, bahwa under stress, hasil kerjaan kita cenderung lebih bagus. Si gue bukan anak psikologi whatsoever, tapi boleh pan kalo si gue ngasih analisis (kajeun lah rada ngaco ge, da bukan lagi nulis karya ilmiah ieu). Menurut gue mah, dalam kuantitas dan kualitas tekanan stress tertentu, kita terdorong buat nyalurin yang terbaik yang kita bisa (seringkali itu diperintah sama alam bawah sadar kita). Alesanna mungkin bisa karena emang kita sangat amat ingin skale nunjukin bahwa kita mampu, atau bisa juga karena sieun berat ngebayangin si bos molotot kalo kerjaan kita itu gagal. Lah, apapun alesannya, kerja dibawah tekanan stress tertentu bikin diri kita lebih baik. Titik. Take it for granted.

Si gue juga percaya (pedah ngalamin sendre) bahwa makin kita sering ngadepin (n live with) stress itu, daya tahan kita terhadap stress juga ikut tumbuh. Analoginya mah kira2 mirip drug addicts, dosis yang dibutuhin makin lama makin gede, karena badan udah ngebentuk antibodi untuk dosis yang lama. Gitu. Si gue percaya bangeds ama apa yang si gue omongin ini. As the matter of fact, si gue mah bisa dibilang udah sah jadi seorg "stress addict". Kalo diinget-inget, si gue punya kebiasaan suka mepet-mepetin kerjaan sedeket mungkin ama deadlinenya. Bukan kebiasaan yang bagus, he-eh si gue ge tau! Tapi susahnya, ya karena si gue yakin bangeds semakin mepet ke deadline, adrenali makin terpacu, n kerjaan jadi makin bagus hasilnya, karena pas ngerjainnya semua sel2 otak bisa dipaksa bekerja. Kenyataannya fren, itu yang selama ini gue rasain.

Anyone of u wanna say a word bout it?

0 Kumentar Saderek:

Post a Comment

<< ka Payun deui